Nasional

Program Vaksinasi akan Jadi Angin Segar bagi Pariwisata

“Penerapan CHSE masih harus dilakukan bahkan jika perlu, semua jenis usaha pariwisata harus memiliki sertifikasi CHSE,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, akan tercipta pariwisata Indonesia yang sehat berbasis vaksinasi, protokol kesehatan dan standar CHSE. Dengan berbagai upaya tersebut, maka pariwisata Indonesia secara perlahan akan bisa bangkit dan menggeliat kembali.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Chusmeru berpendapat, kalangan industri pariwisata perlu melakukan berbagai langkah persiapan dalam rangka memulihkan kembali pariwisata Indonesia. Sebelumnya dia juga mengingatkan bahwa pekerja sektor pariwisata perlu mendapat prioritas program vaksinasi guna memberikan rasa aman dan nyaman dalam berwisata.

“Baik pengelola objek wisata, pekerja hotel, restoran, biro perjalanan, pemandu wisata, seniman hingga pekerja industri kreatif perlu mendapat prioritas program vaksinasi,” katanya.

Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling merasakan dampak pandemi Covid-19 sehingga program vaksinasi pekerja pariwisata diharapkan akan menumbuhkan kepercayaan pada pasar wisata tentang kesiapan Indonesia membuka kembali destinasi wisatanya.

“Dengan demikian akan tercipta pariwisata berbasis vaksinasi. Karena dalam kondisi pasca pandemi, kegiatan pariwisata sangat tergantung dari ‘host’ atau tuan rumah yang siap menerima kunjungan wisatawan. Tuan rumah yang sehat akan membuat wisatawan merasa aman dan nyaman dalam berwisata,” katanya. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button