Nasional

Menko PMK Minta Segerakan Terapi Konvalesen

Ia pun mengungkap stok plasma konvalesen secara nasional masih sangat sedikit yaitu hanya 159 kantong dengan berbagai macam jenis golongan darah. Sementara pasien yang antre untuk mendapatkan donor plasma konvalesen 626 orang dan yang sudah didistribusikan mencapai 17.133 kantong.

“Stok plasma kita masih sangat kurang. Karena itu, kita sedang kampanye besar-besaran untuk menarik para penyintas agar bersedia mendonorkan plasmanya,” tutur Muhadjir.

Selain DKI Jakarta, lanjut dia, Kota Surabaya memiliki angka jumlah pendonor paling tinggi. Hal itu disebabkan ketersediaan alat yang cukup yaitu sebanyak 4 (empat) unit sehingga memudahkan pendonor memperoleh akses.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pengaturan distribusi stok plasma konvalesen berlaku secara nasional. Artinya ia mencontohkan, stok plasma konvalesen di Kota Surabaya bisa didistribusikan untuk membantu pasien Covid-19 di luar Pulau Jawa.

“Pengadaan agar diatur lebih baik supaya tidak terjadi keterlambatan. Begitu pun dengan alat yang belum merata, akan kita sebar supaya merata terutama di luar Pulau Jawa,” pungkasnya. (yah)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button