Nasional

Bisnis Properti dan Agrobisnis Cocok Dikembangkan di Tahun Kerbau Logam

INDOPOSCO.ID – Bisnis atau investasi yang cocok untuk dibangun dan dikembangkan pada tahun 2021 atau tahun kerbau logam, menurut tradisi Tionghoa di Tiongkok adalah bisnis yang mengandung unsur tanah dan kayu.

Ada beberapa jenis bisnis yang mengandung unsur kayu dan tanah di antaranya bisnis properti dan agrobisnis atau bisnis berbasis usaha pertanian, serta bisnis kuliner. Namun, membangun bisnis tersebut harus berkolaborasi atau kerja sama dengan pihak lain, tidak boleh mengandalkan kemampuan diri sendiri.

Pemerhati budaya Tionghoa, Iwan Subakti mengatakan, bisnis lainnya yang menguntungkan pada tahun kerbau logam ini adalah bisnis farmasi berbasis herbal.

“Bisnis properti dan agrobisnis serta farmasi berbasis herbal dan kuliner akan moncer tahun ini. Dengan catatan, dalam membangun bisnis harus mengajak pihak lain untuk kerja sama,” ujar dia, kepada INDOPOSCO.ID, Jumat (12/2/2021)

Iwan mengatakan, pada tahun kerbau logam ini, yang sering orang bahas adalah unsur yang kelihatan seperti logam. Namun, orang lupa ada unsur yang tidak kelihatan atau tersembunyi seperti kayu dan tanah serta ada unsur air.

Menurut Iwan, pada saat ini sebagian besar bisnis properti atau real estate sedang melemah karena dampak pandemi Covid-19. Mudah-mudahan di pertengahan tahun kerbau logam ini, bisnis properti akan bangkit lagi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button