Nasional

HPN, Pers, dan Covid-19

Oleh : Juni Armanto*

INDOPOSCO.ID – Sesosok pria bersama dua kawannya terlihat tanpa mengenakan baju dan berjemur di bawah sinar matahari. Tampak mereka berada di atap gedung, yang tak lain Wisma Atlet, Jakarta. Gedung tersebut memang sejak 23 Maret 2020 diperuntukkan sebagai ruang perawatan pasien Covid-19.

Ya sosok pria tersebut berprofesi sebagai fotografer di sebuah media massa. Saya kenal dengannya karena pernah dalam satu perusahaan media yang sama. Dia terpapar Covid-19 dan harus menjalani karantina di Wisma Atlet.

Dalam cuitannya di status media sosial belum lama ini, dia menulis;

”14 Hari melawan Covid-19, sapa nyana genap satu tahun virus ini berkeliaran di Indonesia, saya harus kebagian merasakan “sakit”nya virus ini. Dengan segala kekuatan, doa keluarga, teman2, dan handai taulan saya tetap semangat menjalani proses pengobatan dan masa karantina di RSDC Wisma Atlet , Kemayoran. Jaga imun selalu dengan bahagia dan berpikiran positif, dan semangat sembuh semoga segera lulus dari academy Covid ini, amin. Terima kasih buat semua teman2 yang telah membantu dan mendoakan untuk kesembuhan saya, Tuhan akan balas semua kebaikan dengan kebaikan yang berlipat pula. Tetap jaga pola hidup sehat dan selalu gunakan masker, karena virus ini nyata.”

Syok mengetahui kawan-kawan mendadak menghentikan aktivitas jurnalistiknya. Mereka terpaksa harus istirahat, bahkan isolasi baik mandiri maupun dalam penanganan medis. Yang berdukanya, ada beberapa wartawan atau jurnalis terenggut nyawanya setelah berjuang melawan ganasnya Si Covid-19.

Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/2/2021), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada insan pers yang telah membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani menilai pers dapat menjadi sumber inspirasi untuk bangkit dari Pandemi Covid-19 dengan cara menyiarkan berita yang akurat dan menggugah persatuan terkait upaya menangani Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button