Nasional

Pemerintah Dorong Peningkatan SDM Perdesaan Lewat Program Belajar Kampus Merdeka

Selain itu dalam rangka percepatan pembangunan SDM unggul, perlu adanya inisiasi afirmasi pendidikan tinggi bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Pendamping Desa sebagai upaya mendorong pencapaian 18 tujuan SDGs Desa.

Sebelumnya, Gus Menteri, sapaan akrab Menteri Desa, mengatakan jika desa merupakan kunci kesuksesan pembangunan Indonesia. SDM unggul di Indonesia kuncinya ada di desa. Untuk itu, peningkatan kapasitas Kepala Desa dan perangkatnya menjadi hal yang strategis dan harus direalisasikan.

Olehnya, afirmasi sarjana (S1/D4) bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Pendamping Desa yang berprestasi yaitu dengan menggunakan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang menghargai pengalaman, prestasi dan inovasi Kepala Desa, Perangkat Desa, pengurus BUMDes dan pendamping desa.

Sebelumnya, Kemendes PDTT mengukuhkan pengurus forum Perguruan Tinggi untuk Desa (Pertides) dan Penandatanganan Kesepahaman Bersama 3 Menteri, di antaranya: Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tentang Kesinergisan Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, serta Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi. (nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button