Nasional

Isu Kudeta Demokrat, Orang Luar Bisa Jadi Pimpinan, Asal…

INDOPOSCO.ID – Politisi Partai Demokrat Achmad Yahya menilai dukungan beberapa kader internal partai tidak bisa menentukan seseorang duduk di pucuk pimpinan sebagai ketua umum (ketum). Ada sejumlah proses yang harus dilalui sesuai AD/ART Partai Demokrat.

”Dalam partai politik (parpol) itu tidak ada istilah kudeta atau mengambil alih. Semua melalui proses demokrasi yang diatur dalam anggaran dasar (AD), yakni Kongres Luar Biasa (KLB),” ujar Achmad Yahya melalui gawai, Sabtu (6/2/2021).

Untuk menyelenggarakan KLB sendiri, lanjut Yahya, tidak mudah. Harus atas permintaan sebagian besar dari pemilik suara atau pimpinan-pimpinan di daerah. ”KLB ini tergantung pada pemilik suara. Kalau pemilik suara enggak mau, ya enggak bisa,” ucapnya.

Lebih jauh Mantan Ketua DPD Sulawesi Tengah Partai Demokrat ini mengungkapkan, dalam Partai Demokrat ada dua persyaratan untuk menyelenggarakan KLB, yakni atas permintaan majelis tinggi. Dalam hal ini diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

”Ini bisa saja terjadi, kalau SBY menilai bahwa AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) untuk kepentingan yang lebih besar. Bisa saja SBY meminta, sebagai ketua majelis tinggi partai,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button