Nasional

Masa Pakai Sampai 550 Jam, Karya SMK ini Diklaim Ungguli Produk Luar Negeri

INDOPOSCO.ID – Mesin CNC karya anak bangsa ini memiliki harga sangat kompetitif, yakni Rp170 juta untuk CNC 3 Axis dan Rp370 juta untuk CNC 5 Axis. Mesin juga telah berstandar industri sehingga dapat dipesan oleh pihak industri.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto dalam keterangan, Selasa (2/2/2021).

Menurut Wikan, mesin Computer Numerical Control (CNC) karya SMK Warga, Surakarta ini diberi label HKI (Hasil Karya Indonesia). Mesin yang terdiri atas CNC 3 Axis dan CNC 5 Axis ini merupakan hasil karya proyek guru SMK bersama mitra industri, dengan melibatkan langsung siswa-siswa SMK Warga.

“Selain melayani pesanan industri, dana bantuan CoE ini dapat menjadikan teaching factory di SMK Warga menjadi workshop dan training center bagi murid kelas XI dan XII maupun bagi satuan pendidikan vokasi lainnya dan masyarakat sekitarnya,” terangnya.

Di samping itu, masih ujar Wikan, dengan daya sekitar 500 watt, mesin CNC 3 Axis dapat digunakan untuk home industry. “Saya sangat menyarankan kepada seluruh kampus vokasi seluruh Indonesia yang memiliki jurusan manufaktur dan permesinan untuk membeli produk HKI ini,” ujar Wikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button