Nasional

Dana Desa untuk Pembangunan Pendidikan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi terus meningkatkan literasi di pedesaan melalui Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Data dari perpustakaan nasional tingkat membaca sudah mencapai 53,84 dengan kategori sedang.

“Literasi desa lebih rendah dibandingkan dengan perkotaan,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Pedesaan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Harlina Sulistiyorini saat rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI secara daring, Selasa (2/2/2021).

Ia mengatakan, penyebab rendahnya literasi di pedesaan karena mayoritas masyarakat hanya lulusan sekolah dasar. Namun dengan peningkatan taman bacaan di perdesaan, angka melek membaca masyarakat semakin baik.

“Dengan dana desa jumlah desa yang memiliki taman bacaan naik, dari 7.889 di 2018 desa menjadi 12.662 desa,” bebernya.

Sementara jumlah desa dengan kegiatan pemberantasan buta aksara, menurutnya 2014-2018 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena turunya angka buta aksara di perdesaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button