Nasional

Kementan Dukung Kabupaten Situbondo Kembangkan Sorghum

Optimalkan Lahan Marjinal

Salah satu ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani adalah adanya jaminan pemasaran dari kegiatan budidaya sorghum yang dilakukan oleh petani, oleh karena itu kendala pemasaran yang dirasakan oleh petani saat ini diharapkan terpecahkan.

Direktur PT. Sorghum Koltim Sejahtera menyampaikan, saat ini ada empat negara di asia yang sudah berminat untuk mengimpor sorghum dari Indonesia, akan tetapi karena jumlah produksi masih sangat terbatas, permintaan tersebut belum dapat dipenuhi.

“Saya optimistis dengan adanya Gerakan pertanaman sorghum yang didukung Pemerintah Kabupaten Sitobondo serta Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, permintaan tersebut mudah-mudahan dapat dipenuhi,” ujar pria yang katib disapa Joe ini, kepada media, Jumat (29/1/2021)

Senada hal tersebut, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Gatut Sumbogodjati mengatakan, komitmen Kementan untuk menjadikan sorghum mempunyai nilai tambah sehingga bisa dengan mudah di terima di pasar.

“Sorgum bisa menjadi alternatif pangan lokal yang patut dikembangkan, da saya rasa banyak daerah di Indonesia ini yang memiliki kondisi tanah yang cocok untuk dikembangkan sorgum. Bahkan tahun ini kami mulai akan mengembangkan seluas 5 ribu hektar, terutama di wilayah timur seperti Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi penduduknya” sebut Gatut. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button