Nasional

LPEM FEB UI: BLT Dana Desa Berdampak Positif bagi Masyarakat Pedesaan

“Jadi kita melihat ada hubungan positif. Artinya intervensi kebijakan mempengaruhi secara positif, tapi kita tidak bisa mengatakan itu cukup strong,” ungkapnya.

Selain dalam penelitian ini terutama dalam FGD-FGD yang sudah dilakukan diBogor dan Banten, pihaknya menemukan hasil yang menunjukkan BLT DD dirasa tepat sasaran dan ditujukan kepada yang terdampak Covid-19 atau miskin temporer. Selain itu, ditemukan juga bahwa dana desa merupakan bantuan yang sangat membantu dan fleksibel dibandingkan dengan bantuan lainnya karena tidak ada by name by address.

Dari data yang sudah digabungkan baik dari angkasa maupun dari bumi, terdapat tiga kesimpulan awal dalam penelitian ini. Yang pertama, terdapat indikasi penurunan aktivitas ekonomi pasca pandemi Covid-19 di kawasan perkotaan. Disisi lain beberapa wilayah pedesaan masih menikmati peningkatan aktivitas ekonomi.

Kedua, hasil estimasi ekonometrika dengan data nasional menunjukkan bahwa sejauh ini dana desa berdampak positif bagi peningkatan aktivitas ekonomi desa.

Yang terakhir, pemberian BLT DD di masa pandemi Covid-19 dari data Kabupaten Bogor menunjukkan indikasi dampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Bogor meskipun hasil signifikasi kurang kuat. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button