Headline

Muncul Opsi Perpanjang PPKM Darurat, Jakarta Bakal Lakukan Penuh Disiplin

INDOPOSCO.ID – Pemerintah membuka opsi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang bakal selesai pada 20 Juli 2021.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku, pihaknya siap mengikuti pemerintah pusat perihal opsi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

“Kita siap melaksanakan kebijakan yang diputuskan pemerintah pusat, terkait dimungkinkannya perpanjangan PPKM Darurat,” kata Riza dalam keterangannya, Selasa (13/7/2021).

Pelaksanaan PPKM darurat hingga hari ke-10 yang berjalan sejak 3 Juli 2021, diklaim sudah terasa dampak positif penanganan Covid-19. Khususnya untuk mobilitas masyarakat Jakarta.

“Angka (mobilitas) sudah ada perbaikan dalam 10 hari terakhir. Namun, kalau belum signifikan, Provinsi DKI akan melaksanakan penuh disiplin dan tanggung jawab,” ujar Riza.

Perbaikan juga terjadi pada tingkat testing dan tracing di Jakarta yang terus membaik, sehingga pendeteksian kasus Covid-19 semakin cepat.

“Pelaksanaan polymerase chain reaction (PCR) meningkat, angka kematian menurun, angka kesembuhan kan semakin baik,” tutur Riza.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, kebijakan PPKM Darurat Jawa Bali bukan tidak mungkin bakal diperpanjang, jika tren kasus positif belum menunjukkan tanda-tanda pelandaian.

Saat ini pemerintah masih mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat, termasuk 15 kabupaten kota lain di luar Jawa dan Bali.

“Jika kondisi belum cukup terkendali, maka perpanjangan kebijakan maupun penerapan kebijakan lain bukanlah hal yang tak mungkin dilakukan,” jelas Wiku. (dan)

Sponsored Content
Back to top button