Headline

Munarman Diduga Pernah Terlibat Baiat Gerakan ISIS

INDOPOSCO.ID – Eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (Sekum FPI) Munarman ditangkap Densus 88 Antiteror Polri karena diduga pernah terkait dengan rangkaian proses Baiat ke jaringan teroris yang dilakukan di Jakarta, Makassar, Sulawesi Selatan dan Medan, Sumatera Utara.

Baiat merupakan istilah untuk upacara pengangkatan atau pelantikan seorang pemimpin dari jaringan terorisme yang selama ini melakukan sejumlah aksi bom di tanah air. Upacara pengangkatan ini biasa ditandai dengan pengucapan janji atau sumpah setia terhadap organisasi tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, penangkapan Munarman terkait dengan proses baiat tersebut.

“Jadi terkait dengan kasus Baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus Baiat di Makassar dan Baiat di Medan,” kata Ahmad Ramadhan, Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, di Makassar, Munarman diduga ikut dalam proses Baiat ke kelompok terorisme ISIS di Makassar, beberapa tahun silam. Namun, untuk kasus Baiat di Medan dan Jakarta, belum merinci kemana proses Baiat tersebut ditujukan. “Baiatnya kalau di Makassar terkait  Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), kalau Jakarta belum kami terima Medan juga belum kami terima,” ujar Ahmad.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button