Headline

Mulai Hari Ini, GeNose Diterapkan di Empat Bandara

INDOPOSCO.ID – Alat deteksi Covid-19 buatan dalam negeri GeNose, mulai hari ini Kamis 1 April 2021 diterapkan sebagai salah satu alat penyaringan (screening) kesehatan para pelaku perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara.

Hal ini sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran Satuan Tugas No 12 Tahun 2021 tentang Tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang diturunkan dalam SE Kemenhub No 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah hari ini pertama kali GeNose diberlakukan di bandara dan dimulai serentak di 4 bandara yaitu Bandara  Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Intenasional Juanda Surabaya,” tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (1/4/2021).

GeNose merupakan produk anak bangsa yang sudah teruji. Sebelumnya GeNose sudah dilakukan di 44 stasiun kereta sejak 5 Februari 2021 dan sudah melakukan pengujian terhadap lebih dari 300 ribu orang. Meski demikian, ia menegaskan agar pengecekan kesehatan harus dilakukan dengan teliti di simpul-simpul transportasi seperti bandara, stasiun, dan pelabuhan.

“Di simpul itulah kita bisa melakukan skrining terhadap orang-orang yang berpergian, untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Hingga saat ini terdapat tiga simpul transportasi yang wajib menerapkan skrining kesehatan melalui RT-PCR atau Rapid Antigen atau GeNose yaitu di stasiun, pelabuhan, dan bandara. Sedangkan di sektor transportasi darat belum wajib dan pengecekan dilakukan secara acak (random testing).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button