Headline

MUI: Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa

Sarankan Dilakukan Malam

INDOPOSCO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa yang menyatakan vaksinasi Covid-19 di siang hari saat bulan Ramadan tidak membatalkan puasa. Hal ini berdasarkan hasil rapat pleno Komisi Fatwa MUI.

“Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuskular (suntik) tidak membatalkan puasa. Hukum melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan cara injeksi intramuskular adalah boleh, sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dharar),” kata Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Asrorun Niam Sholeh dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Fatwa tersebut dibuat menyusul sebulan lagi akan memasuki Ramadan. Komisi Fatwa MUI Pusat, sambung dia, sudah pernah mengeluarkan Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi.

“Ini sebagai panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan puasa Ramadhan dengan memenuhi kaidah keagamaan. Pada saat yang sama, ini dapat mendukung upaya mewujudkan herd immunity melalui vaksinasi Covid-19 secara masif,” ungkapnya.

Niam menyampaikan, vaksinasi sendiri merupakan pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut, untuk meningkatkan produksi antibodi guna menyangkal penyakit tertentu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button