Nasional

MUI Minta Pelonggaran PPKM di Zona Hijau

INDOPOSCO.ID – Kebijakan pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih menimbulkan pro kontra. Terlebih keputusan itu berdampak pada sektor usaha kecil.

Atas kondisi itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) minta pemerintah untuk melonggarkan PPKM di daerah yang masih rendah penularan Covid-19. Namun dengan catatan tetap memperketat protokol kesehatan (Prokes).

“Perlu ada pengamatan, penetapan PPKM ini tidak ‘gebyah uyah’. Misalnya ada salah satu daerah di satu kabupaten yang betul-betul aman, masih zona hijau sehingga penerapan PPKM ini tentu ada perbedaan,” kata Ketua Umum MUI KH. Miftachul Ahyar saat dialog virtual, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, pelonggaran PPKM di wilayah yang berzona hijau bisa jadi salah satu solusi dalam memberikan rasa nyaman dan meminimalisir gejolak yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Masih banyak yang terjadi di masyarakat merasa beribadah dibatasi, padahal mereka merasa berada di zona hijau dan mereka siap melaksanakan protokol kesehatan. Yang dilarang itu kan kerumunan, nah definisi atau batasan kerumunan ini seperti apa? Ini juga perlu ada penjelasan,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button