Nasional

MUI Kampanye Pernikahan Usia Dewasa

INDOPOSCO.ID – Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah akan mendeklarasikan Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan yang bertujuan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia dalam rilisnya yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (17/3/2021) menyatakan dengan tegas bahwa tujuan perkawinan adalah untuk membentuk kemaslahatan keluarga, umat, dan bangsa, yang pada gilirannya akan terwujud generasi Indonesia yang saleh, unggul, dan berdaya saing.

Pada praktiknya, demi mencapai tujuan tersebut, perlu ada langkah pencegahan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang disebabkan oleh ketidaksiapan dan ketidakcakapan, sehingga perkawinan tidak meninggalkan generasi yang lemah.

Salah satu ikhtiar tersebut adalah mendorong pendewasaan usia perkawinan yang secara filosofis ditujukan untuk membentuk tatanan masyarakat yang beradab sebagaimana disebutkan di dalam sila kedua Pancasila yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”.

Upaya ini kemudian disinergikan dalam bentuk Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan yang rencananya dicanangkan pada Kamis (18/3), melalui seminar nasional yang digelar secara virtual dari Kantor Majelis Ulama Pusat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button