Ekonomi

Mudik Dilarang, Penjualan Online Produk Halal Naik

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemberlakuan pembatasan arus mudik pada libur Lebaran tahun 2020 menunjukkan adanya peningkatan penjualan daring terhadap produk-produk halal.

“Pada Mei 2020, bertepatan dengan pembatasan arus mudik dan pengurangan hari libur sepanjang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, justru terjadi lonjakan transaksi produk halal melalui e-commerce marketplace hingga tumbuh 7,25 persen yoy (year over year),” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam web seminar ekonomi syariah yang diselenggarakan Universitas Diponegoro Semarang secara daring seperti dilansir Antara, Rabu (28/4/2021).

Produk halal yang paling banyak dibeli oleh masyarakat secara daring saat itu ialah pakaian muslim, dengan pangsa pasar mencapai 86,63 persen dari total nominal transaksi di e-commerce marketplace, jelasnya.

Tingginya partisipasi masyarakat dalam transaksi penjualan produk halal tersebut, lanjut Wapres, berkontribusi cukup banyak pada peningkatan perdagangan produk halal di dalam negeri.

“Data Bank Indonesia mencatatkan nominal transaksi produk halal melalui perdagangan elektronik selama Mei sampai Desember 2020 secara kumulatif tumbuh 49,52 persen dibanding periode yang sama tahun 2019,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button