Nasional

MPR: Waspadai Dampak Ekonomi Akibat PPKM

INDOPOSCO.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi potensi penurunan perkembangan ekonomi akibat perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

“Saya meminta pemerintah menjaga keseimbangan perekonomian nasional serta mempersiapkan kondisi pemerintah dalam menghadapi potensi menyusutnya pertumbuhan ekonomi nasional, untuk kemudian bisa didetetapkan langkah antisipasi yang tepat,” ujar Bamsoet, panggilan akrabnya, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (16/7).

Ia meminta Kementerian Sosial segera melaksanakan program perlindungan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid- 19, baik program bansos maupun prakerja, dikarenakan rencana perpanjangan PPKM darurat diperkirakan akan semakin membuat perekonomian masyarakat menurun.

Tidak hanya itu, ia meminta pemerintah bisa mempertimbangkan kembali jumlah atau nilai dari bantuan yang akan diserahkan.

Bamsoet pula meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perhubungan memperhatikan sektor-sektor yang sensitif terhadap penyusutan mobilitas, semacam retail, perhotelan, restoran dan transportasi, serta berkomitmen memastikan adanya langkah antisipasi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ia pula meminta pemerintah daerah supaya fokus dalam melakukan pemokusan kembali (refocusing) anggaran untuk penanganan Covid-19, sehingga semua zona dapat bergerak serta diberdayakan secara optimal. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button