Ekonomi

Momentum Pandemi Dorong Transformasi Ekonomi Digital

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 sebaiknya dijadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital. Inklusi finansial dan sistem pembayaran digital dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meloloskan diri dari jebakan pendapatan kelas menengah.

“Keberhasilan inklusi keuangan itu perlu komunitas, termasuk perusahaan teknologi (finansial), dan ini perlu didorong (dari sisi komunitas),” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (24/5).

Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan bagi kebijakan transformasi ekonomi digital, terlebih dalam masa pandemi di mana telah terjadi perubahan kebiasaan masyarakat dari yang tadinya lebih banyak dilakukan secara fisik menjadi virtual.

Perusahaan rintisan (start-up) yang bergerak di bidang teknologi diharapkan menjadi salah satu penyokong dalam menyukseskan transformasi tersebut.

Komunitas digital berisi talenta-talenta digital pun merupakan faktor kunci dalam pelaksanaan transformasi digital. Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan atau 600 ribu orang per tahun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button