Headline

Moeldoko Minta Kasus Covid-19 Kudus Jangan Terjadi di Daerah Lain

INDOPOSCO.ID – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan, kenaikan kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah menjadi pelajaran bahwa ancaman virus corona masih berbahaya.

Sebab lonjakan kasus aktif Covid-19 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang terjadi setelah libur Lebaran 2021 mendapat banyak sorotan.

“Kita tidak boleh abai. Jangan sampai terjadi di daerah lain, kita harus tetap disiplin protokol kesehatan,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Sabtu (5/6/2021).

Terdapat puluhan desa di Kabupaten Kudus terpapar Covid-19 diikuti dengan tingginya angka kematian. Tenaga kesehatan pun turut terinfeksi virus corona, meski sudah divaksin.

Moeldoko memastikan pemerintah sigap mengatasi perkembangan situasi Covid-19 di Kudus. Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan jajarannya mengantisipasi kondisi di Kabupeten Kudus yang mulai kewalahan menampung pasien.

“Kementerian kesehatan juga telah memeriksa sampel Covid-19 di wilayah itu untuk dideteksi apakah penularan Covid-19 di wilayah itu akibat mutasi baru,” tutur Moeldoko.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kudus, kasus Covid-19 di wilayah tersebut mencapai 1.243 per 2 Juni 2021. Dari jumlah itu, 287 pasien dalam perawatan dan 956 isolasi mandiri.

Sebanyak 189 tenaga kesehatan dinyatakan positif tertular virus corona, dan salah seorang diantaranya sudah meninggal dunia. Angka tersebut juga menjadikan satu-satunya zona merah Covid-19 di Pulau Jawa dalam sepekan terakhir. (dan)

Sponsored Content
Back to top button