Nusantara

Minimalisir Percaloan, BPN Kota Tangerang Prioritaskan Layanan Elektronik

INDOPOSCO.ID – Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang kini menerapkan loket layanan khusus online atau elektronik, guna mewujudkan Kantor Pertanahan maju dan modern, sesuai tuntutan standar pelayanan di era digital.

Tak hanya itu, kantor BPN Kota Tangerang juga telah menerapkan inovasi loket pelayanan khusus bagi lansia, pelayanan pembayaran mandiri atau EDC, dan empat pelayanan elektronik, seperti Hak Tanggungan, Roya dan lainnya.

”Pelayanan loket maju dan modern untuk mempercepat proses bidang pelayanan, dan juga mempermudah masyarakat. Banyak keuntungan yang didapat dengan pelayanan ini. Masyarakat terlayani dengan baik dan pajak-pajak juga meningkat. Seperti pajak BPHTB tahun ini meningkat,” terang Kepala BPN Kota Tangerang, Mujahidin kepada INDOPOSCO, Kamis,(29/4/2021)

Menurut Mujahidin, untuk meminimalisir praktik percaloan di kantor BPN Kota Tangerang, pihaknya lebih memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat,  dan warga berkebutuhan khusus yang datang langsung mengurus administrasi Pertanahan ke kantor BPN Kota Tangerang, daripada mereka yang menggunakan jasa calo.

“Kami akan prioritaskan pelayanan kepada masyarakat yang datang langsung mengurus administrasi pertanahan ke kantor BPN, daripada mereka menggunakan jasa calo atau PPAT. Sebab, selain berbiaya murah juga terhindar dari praktik percaloan,” ungkap Mujahidin.

Selain itu, untuk meminimalisir praktik percaloan dalam mengurus sertifikat tanah ataupun balik nama, pihaknya sudah menempatkan pelayanan berbasis elektronik.

”Kita juga membuka aplikasi pelayanan loket online untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi pertanahan,” cetusnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button