Disway

Merah Putih di Chicago

INDOPOSCO.ID – Ada pemandangan berbeda di Daley Plaza, salah satu lokasi monumental (landmark) kawasan Chicago, Amerika Serikat (AS). Konsulat Jenderal (KJRI) Chicago menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di Daley Plaza.

Bekerja sama dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, acara pengibaran bendera di lokasi itu merupakan acara penting bagi komunitas Indonesia di Midwest, AS.

Acara tersebut juga menjadi ajang pameran kebudayaan Indonesia dan kontribusi diaspora Indonesia, yang tergabung dalam komunitas Indonesia-Amerika di Chicago, salah satu kota multietnis terbesar di AS.

Tidak hanya pengibaran bendera Indonesia berukuran raksasa dan diiringi oleh paduan suara dari Paguyuban Warga Katolik Indonesia (PWKI) Chicagoland, peringatan HUT RI tahun ini juga menampilkan tiga penampilan budaya spesial.

Ketiga penampilan tersebut adalah Tari Puspanjali, Tari Porosan, dan Tari Barong, yang merupakan kolaborasi kelompok seni tari Indonesian Performance Arts Chicago (IPAC) dan Indonesia Dance in Illinois (IDI).

Setelah upacara selesai, para tamu undangan juga menikmati hidangan Indonesia dan pulang dengan membawa bingkisan berisi berbagai macam produk Indonesia, mulai dari kopi, bumbu instan, syal batik, dan lilin dari UMKM Indonesia yang bisa didapatkan di Chicago.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT RI, pada 13 Agustus 2021 KJRI Chicago bersama Colectivo Coffee, salah satu ritel kopi terbesar di Midwest juga menyelenggarakan Indonesian Coffee Day dalam rangka mempromosikan kopi spesial khas Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, kopi jenis Java Frinsa yang didatangkan secara khusus dari Pengalengan, Jawa Barat, disajikan kepada lebih dari 200 pengunjung yang hadir.

Para pengunjung pada umumnya mengapresiasi kegiatan tersebut dan menyampaikan ketertarikan mereka terhadap kopi Indonesia yang menurut mereka memiliki rasa dan aroma wangi yang khas serta berbeda dari jenis kopi yang umumnya dijajakan di AS.

KJRI Chicago juga akan mengadakan Lomba Batik dan seminar daring inspirasi bertema investasi dengan CEO Sucor Sekuritas pada 21 Agustus sebagai mendatang sebagai bagian dari perayaan HUT RI.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button