Internasional

Menteri Vaksinasi Jepang Maju Pemilihan PM

INDOPOSCO.ID – Menteri vaksinasi Covid-19 Jepang yang tersohor, Taro Kono, siap mengumumkan pencalonannya pada Jumat untuk memimpin partai yang berkuasa dan sekaligus menjadi perdana menteri berikutnya.

Kono menjadi kandidat ketiga yang maju dalam bursa kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang dibuka pekan lalu disaat Perdana Menteri Yoshihide Suga menyatakan akan mundur, Jumat (10/9/2021).

Kono tampaknya memiliki keunggulan di atas mantan menteri luar negeri Fumio Kishida serta mantan menteri dalam negeri Sanae Takaichi dalam pemilihan.

Hampir sepertiga responden dalam jajak pendapat oleh media lokal minggu lalu menjelaskan Kono (58 tahun) lulusan Georgetown University adalah yang paling cocok menggantikan Suga.

Kono mengaku telah memberi tahu Suga terkait niatnya untuk mencalonkan diri beberapa jam sebelum konferensi pers di mana dia membuat pengumuman resmi, menurut laporan media.

Pemenang dari pemungutan suara anggota partai akar rumput serta anggota parlemen pada 29 September mendatang hampir dipastikan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki mayoritas di majelis parlemen rendah.

Pemimpin baru kemudian akan mengarahkan partai dalam pemilihan majelis rendah yang harus diselenggarakan pada 28 November 2021.

Anggota parlemen mengandalkan pemimpin baru untuk menggenjot dukungan partai setelah peringkat Suga anjlok.

Kishida cukup populer serta dapat mengandalkan dukungan faksi partainya, sementara Takaichi yang berharap menjadi perdana menteri wanita pertama Jepang mengantongi dukungan dari sisi konservatif partai, termasuk mantan perdana menteri yang berpengaruh Shinzo Abe.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button