Nasional

Menteri PUPR Beri Legitimasi, Finsensius Mendrofa Pertahankan Disertasi Di Universitas Trisakti

INDOPOSCO.ID – Promovendus Finsensius Fitarius Mendrofa mempertahankan disertasi berjudul “Optimalisasi Tanggungjawab Hukum Melalui Instrumen Kontrak Kerjasama Penyediaan Infrastruktur Dalam Skema Public Private Partnership”.

Doktor Hukum ini mempertahankan Disertasi di hadapan 6 orang penguji yaitu penguji internal dan Menteri PUPR sebagai penguji eksternal.

Kehadiran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Basoeki Hadimoeljono, sebagai Penguji Eksternal memberikan legitimasi kuat terhadap Disertasi Finsensius Mendrofa yang telah terlaksana di Universitas Trisakti, pada 24 April 2021.

“Salah satu isu yang diangkat oleh doktor hukum ini adalah Pengaturan terkait dengan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” kata dia, dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

Penyediaan Infrastruktur yang selama ini diatur pada level peraturan presiden, hakikatnya karena pembangunan infrastruktur nasional sangat strategis maka pembangunan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha harusnya diatur pada level Undang-Undang.

Hal ini berkaitan dengan teori jenjang norma khususnya pada tanggungjawab hukum dan alokasi resiko antara pemerintah dan badan usaha swasta.

Selain itu, Doktor hukum ini masih banyak memberikan rekomendasi seperti skema tanggungjawab yang ideal.

“Penyelesaian sengketa yang ideal sampai pada paradigma yang dibangun dalam skema ini yaitu paradigma keperdataan,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button