Nasional

Menteri PPPA: Orangtua Harus Cakap Digital

INDOPOSCO.ID – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memgatakan, di zaman serba digital saat ini, kemampuan memahami teknologi digital sangat diperlukan. Semua pihak harus melek digital, termasuk orang tua yang ingin mendidik anaknya.

Menurut Bintang, di masa pandemi saat ini, pengetahuan tentang dunia digital justru semakin dibutuhkan dalam segala bidang. Termasuk dunia pendidikan anak yang melakukan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Orangtua sebagai pendamping anak wajib beradaptasi sesuai dinamika zaman saat ini,” tutur Bintang saat menghadiri wisata virtual secara di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, kecakapan dan pemahaman digital mutlak dimiliki oleh orangtua untuk melindungi anak dari sisi buruk Internet.

“Apalagi di masa pandemi ini internet hadir lebih banyak daripada biasanya dan kejahatan siber semakin memuncak,” ujar dia.

Bintang terus mengimbau para orang tua dan wali anak untuk memastikan terpenuhinya seluruh hak dasar anak meskipun dalam masa pandemi, karena pemenuhan hak anak merupakan kunci terciptanya anak-anak yang berkualitas.

“Di sini kami harapkan hak partisipasi tidak terbatas. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada anak untuk bersuara, tetapi benar-benar mempertimbangkan aspirasi mereka,” kata Bintang. (bro)

Sponsored Content
Back to top button