Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Layanan “GerCep” Bea Cukai Soekarno-Hatta

INDOPOSCO.ID – Demi memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat terhadap alat kesehatan dan bantuan medis di masa pandemi, Bea Cukai Soekarno-Hatta kembali mempercepat importasi Oxygen Concentrator. Sebanyak 130 unit Oxygen Concentrator yang merupakan donasi dari perusahaan sektor privat Hongkong diterima oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Rabu (4/8/2021).

Penyerahan donasi Oxygen Concentrator secara simbolis dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, kepada Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang berlokasi di Flexible Working Space Bea Cukai Soekarno-Hatta. Turut hadir Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dan jajaran pejabat lainnya di Kementerian terkait.

Finari menjelaskan, bahwa Oxygen Concentrator sudah tiba di Indonesia sejak hari Minggu tanggal 1 Agustus 2021, dan diangkut menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia GA-873. Terhadap importasi ini diberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) dan juga layanan percepatan Rush Handling.

“Upaya nyata dari Bea Cukai yaitu dengan memberikan fasilitas fiskal dan juga layanan percepatan Rush Handling atas impor Oxygen Concentrator sesuai Peraturan Menteri Keuangan No 148/PMK.04/2007, adalah pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean atau bandara,” jelas Finari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button