Nasional

Menparekraf Prediksi Pengunjung Wisata akan Melonjak di Banten

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi larangan mudik akan berdampak pada lonjakan pengunjung di hari libur lebaran tahun 2021.

Pengelola wisata diminta untuk menyiapkan fasilitas penunjang protokol kesehatan. Agar, tempat destinasi wisata tidak menjadi klaster penularan Covid-19.

“Saya meniatkan bahwa dengan peniadaan mudik maka destinasi wisata di Provinsi Banten ini akan banyak mendapatkan limpahan kunjungan. Oleh karena itu, penerapan protokol yang disiplin, pengelola destinasi wisata harus menyiapkan termasuk toiletnya juga,” katanya saat ditemui di salah satu Hotel di Kota Serang, Selasa (6/4/2021).

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, akan dibuka desa wisata di Kecamatan Cikesik dan Kecamatan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Selain itu, desa wisata diharapkan dapat menjadi akses tumbuhnya perekonomian masyarakat lokal. Sehingga, warga bisa berinovasi untuk memiliki pendapatan lebih.

“Desa wisata nanti bisa kita tingkatkan karena harus ada alterntif. Jika destinasi wisata kelebihan, kita bisa mengarahkannya ke desa wisata, agro wisata,” ungkapnya.

Politisi Gerindra itu menyebutkan, saat ini destinasi wisata di Banten sedang dipersiapkan agar ramah terhadap disabilitas. Insfratuktur penunjang disabilitas akan dibangun, salah satunya toilet di setiap titik wisata.

“Pariwisata yang berpihak pada teman-teman penyandang disabilitas. Sekaligus ini penebar manfaat semangat kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif,” terangnya.

Terakhir, Sandi berharap kasus Covid-19 di Banten dapat ditekan. Agar wisata menjadi lokomotif pemulihan ekonomi daerah.

“Harapan kita harus tekan penularan Covid-19. Pemerintah akan memastikan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, tracing dan treatment. Terakhir vaksinasi kita genjot agar sektor pariwisata dan ekonomi di bagian lokomitif untuk membangkitkan dan memulihkan,” jelasnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button