Nasional

Menparekraf Dukung Pengembangan Desa Wisata

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno menjanjikan akan mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandi mencontohkan Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

“Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih,” kata Menparekraf Sandi dalam keterangannya saat berkunjung ke Malang, Sabtu (22/5/2021).

Sandi melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas 1 hektare (ha) di desa tersebut telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp1,2 miliar per tahun. Padahal, sebelumnya sawah di sana hanya menguntungkan warga sebesar Rp10 juta per tahun.

Sandi menekankan, banyak kegiatan di desa wisata tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga. Seperti beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor hingga ke Jepang.

“Harapan kita, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi kita, membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandi.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button