Nasional

MenkopUKM: Jangan Ekspor Dipersulit, Impor Dipermudah

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki menegaskan, pemerintah harus mempermudah izin bagi para eksportir dalam mengakses layanan perizinan ekspor dan impor barang. Hal ini untuk meningkatkan ekspor di Indonesia.

“Jadi memang izin-izin harus kita permudah termasuk juga dukungan logistik, kebanyakan UMKM ekspornya ritel dan kalau dari segi logistik tidak masuk. Oleh karena itu perlu agregator dalam hal ini untuk memecahkan logistik termasuk dukungan pembiayaan,” jelas Teten Masduki saat konferensi pers secara virtual, Rabu (17/2/2021).

Teten mencontohkan, untuk ekspor satu jenis pisang saja dibutuhkan 21 sertifikat untuk masuk ke pasar Eropa dan Amerika. “Itu sertifikat hanya untuk mempersulit ekspor saja, bukan berkaitan dengan kualitas dan lain sebagainya,” kata Teten.

Lebih lanjut, Teten menjelaskan, ketika Indonesia ekspor ke negara lain selalu dipersulit dengan sertifikat sementara ketika negara lain impor ke Indonesia dipermudah. Kendati demikian, peran pemerintah menurutnya sangat penting untuk mempermudah para eksportir Indonesia dalam mengurus kepentingan ekspor ke luar negeri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button