Nasional

MenkopUKM Dorong Pencetakan 500.000 Eksportir Baru

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pencetakan 500.000 eksportir baru di Indonesia yang berdaya saing global.

Teten Masduki saat menyampaikan sambutan dalam acara Konferensi 500k Eksportir Baru “Memacu Ekspor UKM”, secara virtual, Senin (19/4/2021) berharap melalui ajang tersebut pelaku UKM dapat mendapatkan ilmu bagaimana menjadi eksportir, serta memacu ekspor melalui marketplace.

“Saya berharap melalui Serial Konferensi 500K Eksportir Baru dengan tema ‘Memacu Ekspor UKM’ ini dapat efektif merajut ekosistem pengembangan ekspor UKM Indonesia, dapat menghasilkan Road Map Pengembangan 500.000 Eksportir Baru yang sukses dan inovatif,” katanya.

Pada kesempatan yang sama ia mengajak semua pihak untuk bahu-membahu meningkatkan daya saing UKM untuk berorientasi menembus pasar global.

Dalam memberikan pendampingan kepada UKM potensial ekspor, pihaknya bersama Sekolah Ekspor menyusun kurikulum dan modul pelatihan UKM Ekspor dan memberikan seri pelatihan bagi aparatur pembina dan pelaku UKM ekspor yang telah dilaksanakan secara perdana sebanyak 3 kelas luring pada 2-4 April 2021 di Bandung.

“Selain itu dukungan pelatihan dan sertifikasi pendamping UKM Ekspor dilaksanakan bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Ekspor Impor Indonesia (Indo-Eximpro) dan Asosiasi Eksportir dan Produsen Hendicraf Indonesia (ASEPHI),” katanya.

Tercatat nilai ekspor Indonesia tahun 2020 sebesar US$ 163,31 miliar, mengalami penurunan sebesar 2,61% (y-on-y) dibandingkan tahun 2019.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button