Native Ads

MenkopUKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-Commerce

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak Indonesian Marketing Association (IMA) bersinergi untuk mendukung UMKM agar dapat menguasai pasar e-commerce dalam negeri.

“Target kita yaitu UMKM Naik Kelas, UMKM on boarding meningkat dari 12 juta pada 2020 menjadi 30 juta pada 2023 dan Go Export melalui platform digital,” kata Teten Masduki saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Webinar Series IMA bertema Kebijakan Pemerintah untuk UKM, yang disampaikan secara daring, Senin (29/3/2021).

Ia mengatakan, saat ini KemenkopUKM tengah memperkuat KUMKM antara lain dalam hal peningkatan kapasitas UMKM termasuk penguatan database, peningkatan kualitas SDM, dan pengembangan Kawasan/Klaster Terpadu UMKM.

Menkopukm Ajak Ima Bersinergi Dukung Umkm Masuk E-Commerce

Selain itu, perluasan pasar juga melalui on boarding platform pengadaan barang & jasa (LKPP dan PaDI), Live Shopping, Kampanye BBI, Sistem Informasi Ekspor UMKM, penyediaan ruang 30% infrastruktur publik bagi UMKM, serta kerja sama dengan Alibaba, Lazada, dan Amazon untuk ekspor.

“Ada juga dalam dukungan logistik kami bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Teten memberikan apresiasi yang tinggi kepada Indonesia Marketing Association (IMA), yang telah memberikan referensi bagi UMKM untuk memasarkan produknya menembus pasar global.

Ia mengatakan, pemasaran produk saat ini tidak bisa dipisahkan dengan digitalisasi. UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button