Nasional

Menko PMK Sebut Kualitas Air Buruk Jadi Penyebab Tingginya Angka Stunting

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyebutkan, air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia dan mahluk hidup lainnya. Perlu pengelolaan secara serius dari hulu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Masyarakat diminta jangan hanya berpikir untuk memanfaatkan air saja. Tetapi harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam menjaga pelestarian sumber daya air. Salah satunya dengan cara menanam pohon.

Hal itu diungkapkan pada saat memperingati hari air sedunia di Bendungan Sindang Heula, Kabupaten Serang, Banten, Senin (22/3/2021).

“Akses terhadap air minum dan pelayanan dasar merupakan prioritas nasional dan sangat erat kaitannya dengan pembangunan lain seperti kesehatan, kemiskinan dan pembangunan manusia pada umumnya,” katanya saat sambutan.

Ia menjelaskan, satu dari lima rumah tangga masih melakukan buang air besar (BAB) sembarangan. Selain itu, satu dari tiga rumah tangga belum memiliki akses minum bersih serta belum paham terkait cuci tangan bersih yang benar.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini bahwa satu dari 3 rumah tangga belum memiliki akses air minum bersih dan satu dari 5 rumah tangga masih buang air besar di ruang terbuka dan perilaku cuci tangan dengan benar masih rendah,” ungkapnya.

Menurutnya, buang air sembarangan dan air limbah telah mengkontaminasi kesediaan air. Sehingga, hal itu menjadi sumber penyebaran penyakit bagi masyarakat. Terutama penyakit diare dan kolera pada anak balita. “Satu dari empat anak balita Indonesia mengalami diare, yang merupakan penyebab utama kematian balita,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button