Gaya Hidup

Menikmati ‘Kurikulum Pendidikan’ Allah

Ditulis : Lutfi Nugraha, MA

Bulan Rajab telah datang menyapa kita. Sebuah bulan mulia dan agung. Salah satu dari bulan-bulan suci yang sangat dimuliakan dalam Islam. Inilah bulan pembuka segala kebaikan yang akan disambung secara estafet di bulan-bulan selanjutnya. Bulan Rajab bagaikan sebuah pintu besar bagi kita untuk menikmati ‘Kurikulum Pendidikan’ yang telah disiapkan Allah untuk mendidik dan membina kita.

Pada Bulan Rajab inilah sesungguhnya estafet ‘Kurikulum Pendidikan’ ini dimulai. Kunci gerbang ‘Kurikulum Pendidikan’ ini bernama istighfar dan shalawat. Pengakuan terhadap kehinaan diri dihadapan Sang Pencipta sekaligus senandung shalawat dalam hati adalah kunci pembukanya.

Mengakui diri masih terlalu lemah dan lalai dalam ibadah. Mencoba menguatkan kembali ‘senyawa’ hati kita dengan Allah, seraya menguatkan kembali tali kecintaan kita kepada Baginda Nabi melalui lantunan shalawat. Gagal di fase ini, maka akan sangat berdampak pada estafet selanjutnya.

Setelah pembiasaan di Rajab ini kita rutinkan, maka masuklah kita pada estafet ‘Kurikulum Pendidikan’ selanjutnya, yaitu Sya’ban. Inilah bulan dimana kita harus meluruskan hati dan ruh kita. Pantaslah jika orang tua kita dahulu sering menyebut Sya’ban ini sebagai ‘Bulan Rowah’ atau ‘Bulan Arwah’.

Inilah bulan dimana kita diperintahkan untuk membersihkan ruh kita, berusaha untuk lebih sabar dalam menjalani hidup, membersihkan hati dan fikiran, mengikhlaskan niat dalam segala aktifitas, sambil menyambung ruh kita yang masih hidup dengan mereka yang telah meninggal dunia melalui ziarah kubur. Ruh kita diharapkan akan semakin bersih dan kuat untuk menyambut bulan nan mulia setelahnya, yaitu Bulan Suci Ramadhan.

Inilah bulan nan mulia itu. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh muslimin di dunia. Bulan yang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Ramadhan sangat kental dengan nuansa ruhani yang menenangkan hati dan fikiran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button