Gaya Hidup

Mendesinfeksi Benda Sehari-hari Menggunakan Teknologi UV-C

INDOPOSCO.ID – Meskipun pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan serta melindungi diri dan orang-orang tersayang dari mikroorganisme berbahaya, sebaiknya kita tetap waspada dan terus memperkuat protokol kesehatan sebagai bagian dari gaya hidup di era normal baru ini. Terutama di rumah yang bagi banyak orang kini menjadi pusat dunia, di mana kita setidaknya dapat memiliki kendali lebih atas keamanan dari zat berbahaya.

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, memahami kebutuhan ini dan melengkapi konsumen dengan produk pencahayaan UV-C sebagai pilihan cara desinfeksi ampuh untuk berbagai aplikasi sehari-hari, termasuk yang dapat dengan mudah digunakan di rumah, yaitu Philips UV-C disinfection desk lamp dan rangkaian Philips UV-C disinfection box.

Philips UV-C disinfection box ini dapat dengan mudah mendesinfeksi benda-benda kecil seperti kunci, ponsel, mainan, dan barang-barang rumah tangga dalam hitungan menit, tergantung pemakaiannya. Berikut beberapa benda terpenting untuk didesinfeksi, guna mengurangi risiko tertular atau menyebarkan virus dan bakteri di rumah:

Benda Sehari-hari Berukuran Kecil

1. Ponsel

Ponsel kini menjadi barang yang tak terpisahkan dalam keseharian kita. Terlebih lagi selama pandemi, ketika kita bergantung pada alat komunikasi yang ringkas ini saat hidup kita beralih ke pertemuan virtual untuk bekerja, sekolah, ngobrol dengan teman-teman, dan bahkan berbelanja! Kita membawa ponsel kemana-mana, mulai dari keluar untuk belanja sebentar, ke kamar mandi, hingga tempat tidur.

Tidak heran, ponsel kita mengumpulkan banyak kuman yang kemudian tertinggal di permukaannya dan dapat berpindah ke tangan kita jika kita tidak membersihkannya secara teratur. Oleh karena itu, kita harus mendesinfeksi ponsel setidaknya sekali sehari atau setiap kali tiba di rumah setelah bepergian keluar. Letakkan ponsel di dalam kotak UV-C dan desinfeksi selama kurang lebih 3 menit.

2. Kunci, dompet & kartu

Benda-benda ini selalu kita bawa setiap kali keluar rumah, dan selalu kita sentuh, misalnya saat mengambil uang tunai maupun melakukan pembayaran nontunai, atau menggunakan kartu pass transportasi. Karenanya, penting diingat untuk selalu mendesinfeksi semua kartu begitu kita tiba di rumah. Tempatkan kunci, kartu pass, dompet dan bahkan uang di dalamnya ke dalam kotak desinfeksi UV-C. Rapatkan penutupnya dan tunggu selama 2-3 menit agar benar-benar terdesinfeksi.

3. Remote Kontrol (TV, AC, video game, dll)

Kita mungkin tidak menyadari seberapa sering kita menyentuh remote control, mulai dari mengganti saluran TV hingga menyesuaikan suhu ruangan, karena kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hal lain yang mungkin tidak kita sadari adalah apa yang telah kita sentuh sebelum mengambil remote control — seperti camilan atau makanan, atau ponsel kita yang mungkin bisa jadi belum didesinfeksi. Untuk amannya, sering-seringlah melakukan desinfeksi remote control di dalam kotak desinfeksi UV-C selama 3 menit.

4. Perlengkapan & Mainan Bayi/Anak

Untuk keluarga dengan anak kecil, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan anak. Ini termasuk peralatan makan dan mainan mereka. Terutama jika anak cukup besar dan sering bermain, penting untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dan benda-benda yang sering mereka sentuh didesinfeksi secara teratur.
Untuk peralatan makan, sebaiknya selalu didesinfeksi sebelum digunakan, sedangkan untuk mainannya harus sering dibersihkan dan didesinfeksi pada keadaan tertentu, misalnya: salah satu anak sakit; setelah bermain dengan anak lain; atau ketika lendir, muntahan, makanan atau susu mengenai mainan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button