Nasional

Mendag Lepas Ekspor Kopi USD 1,2 Juta ke Mesir

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi bersama Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Nina Sulistyowati di Bandar Lampung, Lampung, melepas kontainer ekspor kopi ke Mesir senilai 1,2 juta dolar AS.

“Ekspor kopi ke Mesir ini merupakan kolaborasi PPI dengan para petani lokal sebagai penyedia komoditas ekspor. Kemendag terus mendorong kolaborasi dan sinergi antara petani, eksportir, dan pemerintah agar dapat terus ditingkatkan sehingga para petani lokal mendapat pangsa pasar yang lebih luas dan kinerja ekspor nonmigas, khususnya produk pertanian dan perkebunan semakin meningkat,” kata Didi lewat keterangannya di Jakarta, Rabu (15/9).

Adapun pengiriman perdana kopi kali ini sebanyak 100 ton kopi. Selanjutnya setiap bulan hingga akhir tahun akan dikirim masing-masing 200 ton. Jenis kopi yang diekspor yaitu kopi robusta yang tumbuh di wilayah Lampung dan Sumatera Selatan.

“Kolaborasi menjadi kunci dalam berkompetisi memenangkan pasar global. Kemendag akan terus memberikan dukungan dan perhatian penuh bagi para buyer produk Indonesia melalui berbagai program,” pungkas Didi.

Didi mengapresiasi langkah-langkah progresif yang diambil oleh pelaku usaha nasional, termasuk oleh PPI, untuk menggenjot ekspor nasional.

Sementara itu Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati mengatakan ekspor kopi ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, mengekspos potensi komoditas Indonesia untuk memenuhi permintaan kopi di luar negeri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button