Nasional

Menag: Selama Ini KUA Hanya Jadi Pencatat Pernikahan

INDOPOSCO.ID – Kantor Urusan Agama (KUA) tidak sekadar pencatat pernikahan saja. Lebih dari itu, KUA memiliki peran strategis sebagai pusat data keagamaan dan unit layanan langsung keagamaan di tingkat kecamatan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan, Senin (31/5/2021).

Yaqut mengatakan, program revitalisasi KUA untuk meningkatkan layanan keagamaan bagi masyarakat hingga level terbawah. Dengan program tersebut, KUA ke depan juga memiliki fungsi besar.

“KUA jadi media dalam menggerakkan praktik moderasi beragama di tingkat kecamatan sehingga potensi konflik keagamaan bisa diantisipasi lebih dini,” terangnya.

Perlu diketahui, untuk proyek percontohan tahun ini ada enam KUA yang direvitalisasi. Di antaranya: KUA Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah), KUA Kecamatan Ciawi Gebang, Kabupaten Kuningan (Jawa Barat), KUA Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Lalu KUA Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo (Jawa Timur), KUA Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah (Lampung); dan KUA Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Pada 2021 ini, total ada 100 KUA yang menjadi target revitalisasi. Program prioritas Kemenag ini akan dilanjutkan pada 2022 dengan menyasar 1.000 KUA. Pada 2024 mendatang, revitalisasi diharapkan tuntas seluruhnya dengan menyasar 5.945 lokasi. (nas)

Sponsored Content
Back to top button