Headline

Menag Minta Skenario Haji pada Masa Pandemi Dipersiapkan Detail

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya agar mempersiapkan skenario penyelenggaraan haji di tengah pandemi Covid-19 sedetail mungkin karena menyangkut keselamatan calon jemaah haji.

“Siapkan secara detail. Saya harap pelaksanaan haji benar-benar detail persiapannya. Jangan ada yang terlewat sedikit pun, karena terkait keselamatan jemaah. Demi keselamatan jemaah, siapkan haji sedetail mungkin,” ujar Menag dalam keterangan tertulis seperti dikutip Antara, Selasa (30/3/2021).

Menag mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan. Perubahan itu antara lain ada pembatasan, termasuk dalam kegiatan keagamaan yang bersifat massal. “Pembatasan juga terjadi dalam penyelenggaraan haji dan umrah sejak tahun lalu. Itu bisa menjadi pelajaran dalam persiapan, jika haji dibuka tahun ini,” ujar Menag Yaqut.

Ia mencontohkan dalam hal manasik selama ini jemaah haji Indonesia mayoritas melaksanakan haji tamattu’ (umrah baru berhaji). Namun jika jemaah haji Indonesia tahun ini diizinkan berangkat dan ada skema karantina, bisa jadi haji yang dilaksanakan adalah Ifrad (haji dulu baru umrah).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button