Nasional

Menag: Masalah Berbangsa Selesai Bila Umat Islam Bersatu

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyoalkan masalah persatuan umat. Menurutnya, jumlah umat Islam lebih dari 80 persen penduduk Indonesia. Jika ukhuwah dan sinergi antar umat Islam terwujud, maka masalah kesatuan persatuan bangsa sudah selesai.

“Saya sampaikan di awal, Kementerian Agama (Kemenag) milik semua agama. Di dalamnya ada agama Islam. Ada ribuan ormas di bawah naungan Kementerian Agama, sepertui Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan LDII. Saya mendukung sinergi dan kerja sama antar ormas Islam dengan Kemenag dalam membangun ukhuwah Islamiyah,” ujar Yaqut Cholil saat menerima Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Chriswanto Santoso bersama pengurus harian di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Yaqut menuturkan, agama dan negara sejatinya saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk mewujudkan peradaban suatu bangsa. Untuk itu, Kemenag mendukung penguatan identitas keagamaan.

“Penguatan identitas keagamaan di satu sisi dan penguatan identitas kebangsaan di sisi yang lain tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan. Konsep itu harus tetap diletakkan dalam satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button