Gaya Hidup

Membedong Bayi Sebaiknya Hanya Saat Tidur, Ini Alasannya

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Meirdhania Andina merekomendasikan Anda membedong bayi (swaddling) hanya saat dia tidur. Setelah itu bayi harus dilepas agar dapat mengeksplor hal-hal di sekelilingnya.

“Saat bayi tidur (dibedong) dan setelah dia bangun dilepas bedong, tujuannya supaya bayi bisa bebas eksplore (hal-hal di sekelilingnya),” ujar Andina seperti dikutip Antara dari “Mothercare x Love to Dream Virtual Launch Event”, Selasa (30/3/2021).

Anda juga sebaiknya membuka bedong bayi saat dia menyusu agar tangannya bisa mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya lebih bebas. Bedong sendiri sebenarnya bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman pada bayi.

“Manfaatnya, memberikan rasa nyaman pada bayi, tidak kaget usai keluar dari rahim ibu, bayi mudah kedinginan makanya sering terjadi hipotermia. Kainnya bisa dari bahan soft, di daerah iklim dingin bisa agak lebih tebal, sementara bila tinggal di wilayah tropis pilih yang mudah menyerap keringat,” kata Andina.

Andina merekomendasikan Anda tidak lagi membedong bayi bila usianya sudah melebihi dua bulan karena ia cenderung lebih aktif bergerak pada usia itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button