INDOPOSCO.ID – Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) Provinsi DKI Jakarta, Erry Juliani Pasoreh didampingi Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan melaksanakan Rapat Transformasi Layanan Pertanahan pada Jumat (10/10/2025) di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat.
Rapat ini diikuti oleh Staf Khusus Bidang Manajemen Internal dan Transformasi Layanan Pertanahan, Kepala Biro Organisasi, Tata Laksana, dan Manajemen Risiko, Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN, Kepala Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat Shinta Purwitasari.
Dalam arahannya, Kakanwil Erry Juliani Pasoreh menegaskan pentingnya transformasi layanan pertanahan guna mewujudkan pelayanan publik yang lebih cepat, transparan, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
“Kita berharap semua Kantor Pertanahan di Provinsi DKI Jakarta ini setara terkait Sumber Daya Manusianya, Sistem yang digunakan serta kualitas pelayanannya. Transformasi layanan bukan hanya tentang digitalisasi, tetapi juga perubahan mindset dan budaya kerja aparatur BPN agar lebih adaptif, responsif, dan profesional,” ujar Erry.
Ia juga menekankan agar setiap unit kerja memperkuat sinergi, memperhatikan kualitas pelayanan, serta memastikan seluruh proses administrasi pertanahan dapat diakses secara mudah oleh masyarakat.
Staf Khusus Bidang Manajemen Internal dan Transformasi Layanan Pertanahan, Syarif Syahrial juga menekankan kedepannya jajaran Kementerian ATR/BPN harus menghadirkan kepastian layanan yang cepat dan transparan untuk masyarakat.
“Kedepannya kita harus mampu menghadirkan layanan yang cepat, transparan, serta memberikan kepastian hukum bagi masyarakat,” ujarnya.
Melalui rapat ini, Kanwil BPN DKI Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi pelayanan serta integrasi data pertanahan dengan instansi pemerintah daerah.
Diharapkan dengan diadakannya rapat ini menjadi langkah nyata menuju Kementerian ATR/BPN yang modern, akuntabel, dan terpercaya. (srv)