Megapolitan

Depok Wilayah Strategis Pencari Suaka dan Pengungsi

INDOPOSCO.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat, Sudjonggo menyatakan Depok merupakan kota yang strategis untuk para pencari suaka dan pengungsi karena letaknya secara geografis yang dekat dengan Jakarta.

“Untuk itu perlu diantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dengan adanya pencari suaka dan pengungsi di Kota Depok seperti adanya pelanggaran hukum, mengganggu ketertiban umum sampai dengan gesekan dengan masyarakat lokal di sekitar,” kata Sudjonggo di sela-sela Rakor Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kota Depok dengan tema ‚ÄúSinergitas Pengawasan Terhadap Pengungsi di Wilayah Kota Depok”, Selasa (30/8), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, diperlukan peran dari seluruh anggota Timpora Kota Depok untuk dapat menciptakan suasana yang aman dan kondusif dengan keberadaan pencari suaka dan pengungsi Kota Depok

Sudjonggo menjelaskan Indonesia adalah negara yang belum menandatangani Konvensi Wina 1951 dan Protokol 1967 tentang Pengungsi.

Secara hukum, Indonesia tidak memiliki kewajiban memberi perlindungan bagi pencari suaka yang berada di Indonesia. Namun, sebagai salah satu negara yang menerima dengan meratifikasi Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (DUHAM).

Baca Juga: Kemajuan Industri Ekonomi Kreatif di Depok Didorong

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button