Megapolitan

12 Desa Tangguh Bencana 2022 Ditargetkan di Kabupaten Bekasi

“Desa tangguh bencana mendapatkan pelatihan setelah struktur organisasi terbentuk untuk menghadapi segala sesuatu ketika terjadi bencana,” katanya.

Henri menyebutkan bahwa salah satu pembekalan materi dalam pelatihan relawan desa tangguh bencana yakni bagaimana cara memahami pengetahuan tentang kebencanaan.

“Kita masih fokus dalam pelatihan dan pembinaan kepada sejumlah keterwakilan masyarakat dari desa itu untuk memahami dan memiliki kemampuan pengetahuan terkait kebencanaan,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi Muhammad Said mengatakan pembentukan desa tangguh bencana di wilayahnya sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu.

“Sejak tahun 2017 kami sudah membentuk 14 desa dan kelurahan tangguh bencana, hingga tahun 2021 lalu sudah ada 21 destana dan akan terus kita tambah,” katanya.

Melalui pembentukan relawan desa tangguh bencana ini warga dituntut mampu mandiri dalam menghadapi bencana, meminimalisir potensi kerugian dampak bencana, sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjaga alam agar tidak menyebabkan bencana termasuk tidak membuang sampah sembarangan. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button