Megapolitan

Wagub DKI: Kondisi DAS Ciliwung Makin Membaik

Karena pentingnya arti Ciliwung tersebut, Riza meminta masyarakat untuk mengubah pola pikir (mindset) mengenai sungai yang menganggap seperti tidak penting keberadaannya, akibatnya kebersihan sungai kurang terjaga dan membuat sungai bagaikan tempat sampah raksasa.

“Kepedulian masyarakat terhadap sungai masih kurang, masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa. Ini yang perlu kita perbaiki,” kata Riza.

Riza meminta masyarakat Jakarta untuk mencontoh perlakuan sungai di negara maju karena di sana sungai dijadikan beranda depan rumah sehingga harus bersih dan rapi.

“Kalau di banyak negara maju sungai itu jadi beranda depan dia harus bersih, rapi, Indah, harus hijau airnya harus mengalir. Tapi kita sebaliknya jadi tempat belakang rumah, sehingga akibatnya kan kalau bagian belakang tempat yang jelek-jelek di belakang. Tidak hanya sampah tapi semua yang tidak baik dibuang ke sungai,” ujarnya.

Karenanya Riza meminta agar masyarakat mengubah pola pikir yang disebutnya kini sudah waktunya masyarakat menjaga sungai termasuk Sungai Ciliwung.

“Sudah saatnya sungai dianggap sumber kehidupan kita yang harus kita jaga,” ucapnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button