Megapolitan

Wagub DKI: Kondisi DAS Ciliwung Makin Membaik

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung saat ini kondisinya semakin baik meski belum diposisikan sepenting di zaman dahulu.

“Lingkungan DAS Ciliwung semakin baik, semakin asri dan bersih terlebih dengan dilakukannya penghijauan,” kata Riza di Jakarta, Sabtu.

Riza menceritakan bahwa Ciliwung sejak 5.000 tahun yang lalu telah menjadi sumber kehidupan orang Betawi mengingat sungai ini menjadi salah satu akses dari laut menuju ke pedalaman.

“Kita kalau bicara Ciliwung banyak sejarahnya, menurut para sejarawan dulu sejak 5.000 tahun yang lalu Ciliwung sudah menjadi sumber kehidupan warga Betawi. Dari zaman dahulu ya. Orang dulu biasanya masuk dari laut lalu melalui sungai sampai di daratan,” ujarnya.

Terlebih , kata Risa, Sungai Ciliwung yang memiliki panjang kurang lebih 120 kilometer memiliki ekosistem tersendiri yang unik.

Baca Juga: Normalisasi Ciliwung, Pemprov DKI Prioritas Tujuh Kelurahan

“Dengan begitu Ciliwung mempunyai ekosistem tersendiri sebagai aliran air yang panjangnya 120 kilometer kurang lebih. Mengalir dari hulu ke hilir,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button