Megapolitan

Kasus Melonjak, IDI Kota Tangerang Tegas Jangan Remehkan Omicron!

INDOPOSCO.ID – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangerang, Banten mengingatkan warga agar tidak menganggap remeh Covid-19 varian Omicron. Saat ini, Kota Tangerang tengah kembali dilanda lonjakan kasus Covid-19. Terlebih dengan adanya Covid-19 varian Omicron di Kota Tangerang, yang dinilai sangat cepat penularannya. Tercatat di Kota Tangerang per Minggu (30/1/2022) ada penambahan 691 kasus baru dan 3.838 kasus aktif.

Ketua IDI Kota Tangerang, dr. Emma Agustini mengingatkan, respons terhadap Covid-19 varian Omicron ini tidak bisa dianggap remeh, karena akan berdampak serius.

Menurutnya, varian Omicron tidak pantas bisa dianggap dampaknya ringan atau jangan dibedakan dnegan varian yang lain.

Pada dasarnya, kata dr. Emma varian Omicron ini masih sama, yakni virus corona. Perlu diketahui, varian ini mempunyai kemampuan 70 kali lebih cepat menyebar daripada varian Delta. Jika mengenai orang sekitar, jadi lebih berat terutama pada lansia, komorbid dan mereka yang belum terima vaksin.

Baca Juga: Kasus Omicron di Jakarta Tembus 1.027, PPLN Mendominasi

“Secara klinis Omicron jauh lebih ringan, ini hanya karena mayoritas sudah mempunyai imunitas dari vaksinasi. Tapi, Omicron mempunyai dampak jangka panjang yang disebut dengan long covid, atau bahkan potensi kematian. Artinya, kita atau masyarakat tidak bisa meremehkan varian Omicron ini,” tegas dr. Emma, Senin (31/1/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button