Megapolitan

Bea Cukai Galakkan Sosialisasi Aturan Kepabeanan

Gandeng Pemda, Civitas Akademika, dan Swasta,

“Bekerja sama dengan Unggul Group, Bea Cukai Malang menawarkan fasilitas KITE agar makin memudahkan perusahaan dalam kegiatan ekspornya, mengingat perusahaan-perusahaan tersebut telah melakukan eksportasi yang luar biasa jumlahnya, dan ada bahan-bahan yang merupakan produk impor. Kami berharap program penggalian potensi ekspor dan sosialisasi fasilitas kepabenan dan cukai ini akan terus berlanjut dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan yang mempunyai potensi ekspor dan siap untuk ekspor untuk kami bantu eksportasinya. Sedangkan untuk perusahaan yang sudah melakukan ekspor, akan tetap kami tawarkan fasilitas-fasilitas kepabeanan dan cukai yang dapat mereka gunakan, sehingga dapat membantu perusahaan untuk terus eksis didalam eksportasi,” terang Firman.

Baca Juga: Perkuat Pengawasan, Bea Cukai Kembali Jalin Sinergi Dengan Berbagai Pihak

Tak hanya bekerja sama dengan pemerintah daerah, civitas akademika, dan pihak swasta, gelaran sosialisasi di bidang kepabeanan juga dilaksanakan Bea Cukai bekerja sama dengan World Customs Organization (WCO). Hal ini terlaksana dalam Workshop on Program Global Shield (PGS) dan Small Arms and Light Weapon (SALW) yang menyasar pegawai Bea Cukai dan Aviation Security Bandara Internasional Kualanamu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Asia Pacific Security Project yang berfokus pada tantangan terkait keamanan perbatasan di Asia Tenggara

“Pada kegiatan ini kami menghadirkan pengajar dari pejabat/pegawai Bea dan Cukai yang telah mengikuti pelatihan oleh WCO di tingkat regional Asia-Pasifik/sub-regional ASEAN sebagai trainer. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pegawai di perbatasan untuk mendeteksi bahan kimia yang dapat digunakan sebagai bahan peledak, serta senjata api. Selain mempelajari teori, peserta juga akan dilatih untuk praktek menggunakan peralatan deteksi,” bebernya.

Ia pun mengatakan, kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam menggelar sosialisasi aturan kepabeanan ini tak hanya untuk memperbesar kebermanfaatan sosialisasi, tetapi juga mempererat sinergi antarinstansi dan lembaga.

“Kami menyadari bahwa dengan bantuan pihak-pihak tersebut, kinerja Bea Cukai akan makin baik dan optimal, dan bisa menjangkau publik yang lebih luas dan beragam,” tutupnya. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button