Megapolitan

Tokoh Pers Nasional RM Tirto Adhi Soerjo Jadi Nama Jalan di Kota Bogor

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya, banyak tokoh-tokoh legendaris dan fenomenal hebat tercatat dalam sejarah dan diakui negara, tapi tak cukup dikenal oleh anak muda saat ini.

Padahal kiprahnya luar biasa, berpengaruh dan menginspirasi. Salah satunya adalah RM. Tirto Adhi Soerjo. R.M. Tirto Adhi Soerjo adalah pendiri dari Sarikat Prijaji, pendiri Sarikat Dagang Islam yang kemudian menjadi cikal bakal Sarikat Islam.

“R.M. Tirto Adhi Soerjo dikenal sebagai jurnalis yang sangat kritis membela kepentingan pribumi. Dia  berani mengkritisi pemerintahan kolonial hingga mengorbankan hidupnya dan diasingkan,” paparnya,” kata Bima Arya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/11/2021).

Bima Arya mengatakan, Tirto wafat pada tahun 1918, pada saat Bung Karno masih belia. Tidak salah jika banyak sejarawan yang menempatkan R.M. Tirto Adhi Soerjo sebagai orang yang memulai pergerakan Indonesia.

“Menjadi cikal bakal gerakan nasionalisme dan melahirkan tidak hanya tokoh-tokoh nasionalis tapi tokoh-tokoh pergerakan Islam pada masa perjuangan yang didirikan Indonesia,” tuturnya.(dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button