Megapolitan

Penataan Kali Cakung di Kota Bekasi Terkendala Pembebasan Lahan

“Sekarang kami hadir, baik dari BPBD Jawa Barat, Pemkot Bekasi, dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan hari ini kami mengeksekusi beberapa hal yang dianggap perlu dan segera. Beberapa bangunan yang dikira menghalangi laju air sudah dibebaskan Pemkot Bekasi,” tuturnya.

Uu menambahkan usai peninjauan tersebut, BBWSCC akan segera melakukan pengerukan alur Kali Cakung. Panjang alur kali yang bakal dikeruk itu sepanjang tujuh kilometer dan akan dialirkan ke Banjir Kanal Timur.

“Kemudian tanggul Kali Cakung akan ditinggikan. Kami usahakan untuk membuat embung agar sebelum air datang ke sini, ada lahan kosong sebagai tempat transit air,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Zainal Abidin mengatakan banjir yang merendam permukiman warga di Perumahan Bumi Nasio Indah merupakan kejadian berulang yang disebabkan kapasitas Kali Cakung sudah tidak mampu menampung debit air ketika terjadi hujan.

“Daya tampung sungai kapasitasnya kurang besar. Solusinya melebarkan daya tampung Sungai Cakung kira-kira 10 meter dari sisi kiri dan sisi kanan,” katanya.

Pemerintah Kota Bekasi, kata dia, belum ada rencana untuk melebarkan sungai tersebut. Hal ini karena pelebaran membutuhkan kajian dan pembebasan lahan. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button