Megapolitan

Soal Jalan Ataturk, Sekjen PBNU: Lebih Bijaksana Gunakan Nama Tokoh Betawi

Berdasar laman nu.or.id, bahwa nama lengkap Guru Mansur ialah Muhammad Mansur bin Abdul Hamid bin Damiri bin Abdul Muhid bin Tumenggung Tjakra Jaya (Mataram, Jawa).

Ia dilahirkan di Kampung Sawah Jembatan Lima, Jakarta pada tahun 1878 H dan wafat pada hari Jumat sore, 2 Shafar tahun 1387 H bertepatan dengan tanggal 12 Mei 1967.

Sedangkan KH Ahmad Marzuki bin Mirsod alias Guru Marzuki, salah satu ulama besar di tanah Betawi yang dimakamkan di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Termasuk sosok mahaguru bagi para ulama dan pejuang di Batavia pada era kemerdekaan abad ke-19 dan abad ke-20.

Berita Terkait

Rencana penamaan jalan di Menteng menjadi Mustafa Kemal Ataturk menuai kontroversi. Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menjelaskan duduk perkara nama jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, akan diubah menjadi Mustafa Kemal Ataturk.

Hal itu berawal dari keinginan pemerintah Indonesia agar nama jalan di depan KBRI Ankara, Turki, diganti menjadi Ahmed Soekarno. Pada saat ini, jalan di depan KBRI Ankara kini menggunakan nama Belanda, yakni Holanda Cadesi. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button