Megapolitan

Bea Cukai Tingkatkan Potensi UMKM untuk Ekspor

Sementara itu di Cirebon, Bea Cukai juga berupaya mendorong peningkatan ekspor yang dilakukan UKM Agustira Sejahtera. UKM yang terletak di Kecamatan Gempol, Cirebon tersebut memproduksi produk pangan berupa kripik tempe.

Hendra Agustira, pemilik UKM tersebut mengungkapkan keinginannya untuk melaksanakan ekspor mandiri karena selama ini meskipun produknya telah berhasil diekspor namun dilakukan oleh pihak lain. Menanggapi hal tersebut, Bea Cukai Cirebon akan memberikan asistensi lebih lanjut untuk mewujudkan ekspor mandiri yang diharapkan oleh UKM Agustira Sejahtera.

Upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM juga dilakukan Bea Cukai Gresik. Setelah menyosialisasikan ekspor kepada para pelaku UMKM di wilayah Gresik, Bea Cukai juga berkesempatan untuk memberikan pendampingan praktik modul ekspor kepada asosiasi tanaman hias Gresik.

Dalam kesempatan inti ini, Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik memberikan asistensi praktek masuk OSS sampai terbit NIB Ekspor, Modul Ekspor, pelatihan pengisian modul ekspor, cara mencari buyer luar negeri, cara membuat packing list, invoice, pemberitahuan ekspor barang sampai terbit NPE sehingga bisa ekspor mandiri. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button